5 TIPS PERAWATAN MOBIL SETELAH PERJALANAN JAUH


Perjalanan jauh menggunakan mobil pribadi tentunya akan membuat kondisi mobil anda berkurang. Setidaknya setelah anda melakukan perjalanan pulang lakukan servis agar kualitas mobil anda tetap terjaga. Perawatan sangat dibutuhkan untuk mobil setelah menempuh perjalanan jauh.

Berikut beberapa tips untuk menjaga kualitas mobil anda.

http://www.gaonlinestore.com/search/label/Aksesoris%20Mobil

1. Tune Up Mobil
Tune up mobil dilakukan untuk membersihkan ruang bakar dari kotoran berupa karbon yang menumpuk dan mengembalikan performa mobil anda setelah perjalanan jauh. Tarikan mobil berasa berat dan kurang bertenaga adalah ciri - ciri awal ruang bakar kotor.

2. Pengecekan dan Ganti Oli
Oli berkurang atau kotor dapat menyebabkan komponen-komponen di dalam mesin macet tak terbergerak atau bahkan patah karena pelumasan tidak sempurna. Penggantian oli berbeda bagi setiap merk mobil ada yang tiap 5000km, 10000km dan 30000km, baca buku petunjuk dari pabrikan mobil anda kapan sebaiknya waktu ganti oli yang tepat.

http://www.gaonlinestore.com/search/label/Aksesoris%20Mobil

3. Pengecekan Pressure dan Filter AC Mobil
- Pengecekan pressure di sistem ac mobil diperlukan karena setelah perjalanan jauh tekanan mobil bisa berubah dan dapat menyebabkan ac menjadi kurang dingin.
- Setelah perjalanan jauh filter ac dapat menjadi kotor dari debu dan kotoran selama perjalanan. Hal ini dapat membuat ac kurang dingin dan bau.

4. Gunakan Coolant sebagai Air Radiator
Lakukan pengecekan air radiator, air radiator yang berkurang atau habis dapat membuat mesin anda overheat dan menyebabkan mobil mogok. Air Radiator habis karena itu isi nya air - ibarat nya air di masak maka menguap, karena tidak ada titik didih
Jika isinya coolant maka tidak bisa habis ( tetapi berkurang sedikit). Jadi di saat mesin panas sekalipun mobil tidak akan mogok.

5. Aki dan lampu
Perjalanan jauh akan menguras kemampuan kelistrikan di mobil. Aki mobil yang soak dapat membuat mobil anda tidak bisa distarter atau menyala. Ciri-ciri aki sudah mulai bermasalah ialah cahaya dari lampu depan yang dihasilkan tidak terang sama sekali, lalu terkadang saat melakukan starter tidak mau mengangkat dan sering gagal start. Jika sudah terlambat seperti itu satu-satunya cara yang bisa dilakukan oleh pemilik kendaraan adalah harus ganti dengan baru dan harganya pun mahal.

http://www.gaonlinestore.com/search/label/Aksesoris%20Mobil

Mobil yang selalu dirawat akan memberikan rasa aman, terhindar dari kemungkinan mengalami mogok di tengah jalan. Usahakan untuk melakukan service mobil berkala sesuai dengan ketentuan sehingga mobil selalu nampak baru. Mesin mobil yang terawat juga memberikan kebanggaan tersendiri, dengan suara halus, asap knalpot jernih, dan lain sebagainya. Hasil yang maksimal dari tindakan service rutin memang tidak terlepas dari pemilihan bengkel yang tepat.
LihatTutupKomentar